Berikut Adalah Ringkasan Tentang Perkembangan Game Half-Life: Alyx

Oleh : ftrrahman | 2022-04-13 13:58:45

Perkembangan
Half-Life: Alyx sebagian besar dikembangkan secara “diam-diam” oleh tim yang terdiri dari sekitar 80 pengembang, tim terbesar yang pernah dimiliki oleh Valve, dengan sepertiga tim pernah mengerjakan game Half-Life sebelumnya. Pengerjaan game dimulai pada tahun 2016 sebagai cara untuk mengembangkan judul VR full-length, yang diuji menggunakan waralaba Valve yang berbeda, akhirnya turun ke Half-Life atau Portal. Akhirnya diputuskan bahwa game Portal VR sepenuhnya akan terlalu membingungkan bagi pemain, sedangkan Half-Life memiliki jumlah "cerita, pertempuran, teka-teki, eksplorasi, [dan] interaksi" yang tepat yang dapat berfungsi di VR. Half-Life: Alyx direncanakan menjadi judul unggulan untuk headset VR in-house Valve, Valve Index, dan akan dirilis pada musim panas 2019 bertepatan dengan peluncuran Index. Enam bulan sebelum rilis yang direncanakan ini, Valve mengadakan uji coba internal dengan karyawannya untuk mengukur umpan balik mereka. Sementara desain game, gameplay, dan perkembangan level dipuji, cerita sebenarnya (ditulis oleh Rob Yescombe dari The Invisible Hours) dikritik keras karena terlalu aneh dan tidak sejalan dengan alam semesta Half-Life. Untuk memperbaiki ini, Alyx ditunda, dan Erik Wolpaw (yang telah meninggalkan Valve untuk mengerjakan Psychonauts 2) dipekerjakan kembali untuk bekerja bersama Jay Pinkerton dan Sean Vanaman untuk mengulang cerita sepenuhnya sambil mempertahankan gameplay dasar.
Valve merahasiakan semua informasi tentang Half-Life: Alyx dari publik hingga pengumuman game pada 19 November 2019. Pengetahuan publik tentang judul tersebut hanya berasal dari bocoran dan rumor tentang judul Half-Life yang memanfaatkan teknologi VR. Judul ini kemudian dikenal hanya sebagai "HLVR", tidak pernah diberi nama kode resmi. Dimulai pada akhir 2016, sisa baris kode yang mengacu pada HLVR dalam Dota 2 mulai muncul. String ini menyarankan senjata dan NPC baru, dan merujuk pada makhluk Half-Life yang sudah dikenal (seperti Vortigaunts dan Zombies). Fans, pada saat itu, berspekulasi bahwa sisa data terkait dengan pengembangan Half-Life 3.
Narasi yang diterima secara umum tentang HLVR mulai berubah pada tahun 2019 ketika rumor, kebocoran, dan wawancara dengan karyawan Valve mulai menunjukkan bahwa HLVR akan menjadi prekuel yang berfokus pada Alyx Vance, yang akan dirilis pada tahun 2020. Kumpulan rumor terbaru ini ternyata benar dengan pengumuman Half-Life: Alyx.
Half-Life: Alyx menerima pembaruan pada 28 Mei 2020. Antara lain, pembaruan itu menyertakan "boozy liquid shader" untuk semua botol dalam game, milik seniman Valve Matthew Wilde yang menyebutnya sebagai proyek pengunciannya.

Tags : Half-Life Alyx, Game, Virtual Reality