Mengenal Beragam Genre Video Game

Oleh : Bustommyzw | 2022-04-09 08:54:41

Kita tentunya sudah mengetahui, jika tiap game memiliki genre tertentu. Namun mungkin masih banyak dari kita yang tidak terlalu paham betul apa si genre atau jenis game yang sedang dimainkan sebab telah banyak sekali genre game pada konsol atau game mobile yang tersedia.

Nah, untuk menambah wawasan kamu, kami telah merangkum beragam jenis game yang ada STEAM. Tanpa berlama lagi, yuk kita simak ulasannya.


Early Access

Game Early Access adalah game yang masih tahap pengembangan. Pada game ini masih banyak sekali kekurangan yang kita temui dan itu merupakan hal yang sangat wajar. Alasan kenapa game dengan genre ini di publikasi untuk menarik perhatian para gamers agar mendukung, menyumbang serta ikut membantu mengembangkan game yang telah dibuat. So kita harus lebih berhati-hati saat memainkan game bergenre Early Accesss.


FTP (Free to Play)

Pada genre game ini, kamu tidak perlu membayar, alias gratis. Ada banyak sekali game FTP yang bisa dimainkan, seperti DotA2 contohnya.


PTP (Pay to Play)

PTP merupakan genre game kebalikan dari FTP, yakni kita diharuskan membayar untuk bermain game ini. Biasanya kita dapat menggunakan voucher game, untuk urusan pembayaran, seperti GameOn, Steam Wallet dan sebagainya.


Multiplayer

Genre game ini dapat dimainkan langsung oleh beberapa player, pada game multiplayer akan dibedakan oleh jumlah pemain di dalam game. Ada Massively Multiplayer yang melibatkan lebih dari 100, 1000, bahkan bisa lebih banyak lagi pemain dalam sebuah game. H1Z1, SKYRIM online, adalah contoh game Massively multiplayer.


Action

Genre game ini berkaitan dengan ketangkasan player. Seperti film berjenis action, kita akan menemukan adegan-adegan bertarung atau tembak-tembakan seperti Call of Duty dan Counter Strike.


Strategy

Dalam permainan game bertemakan strategy kita harus memutar otak, untuk memenangkan atau menyelesaikan alur cerita game. Pengaturan strategi, menjadi ciri khas utama game genre ini.


Adventure

Game dengan genre ini cenderung menuntun kita untuk mengekplorasi banyak hal, memecahkan teka-teki yang sering dikombinasikan dengan pertarungan.


Racing

Untuk genre game satu ini, sangat mudah untuk dikenali sebab kamu akan selalu dilibatkan dalam banyak adegan balapan, modifikasi kendaraan dan sebagainya.


Sport

Game dengan genre sport sepertinya tidak perlu dijelaskan panjang lebar.
Ya, game yang membawa permainan olahraga nyata menjadi sebuah game, adalah ciri utama game daei genre sport.
Contohnya adalah seperti FIFA


Casual

Game dengan genre ini dibuat simple, dan kita tidak memerlukan spesifikasi komputer tinggi, sebab pada game jenis ini biasanya memiliki ukuran file yang kecil. Tidak banyak hal kompleks, rileks dan cenderung mudah dimainkan.


Indie

Game indie merupakan game yang telah dibuat tim kecil atau perorangan yang tidak memiliki dukungan dari penerbit video game. Di STEAM kita bisa mempromosikan game asli buatan kita, tentunya dengan beberapa persyaratan yang harus di penuhi. Minecraft adalah salah satu contoh game indie yang sangat sukses.


Simulation

Game ini identik dengan bagaimana mensimulasikan banyak hal dalam dunia nyata menjadi sebuah permainan, seperti mengendarai kendaraan tertentu, membangun kota, membangun taman bermain dan sebagainya.


RPG (Role Playing Game)

Pada game ini kita akan memainkan sebuah tokoh khayalan. Keberhasilan dalam permainan sangat ditentukan oleh arah dari gamer itu sendiri. Istilahnya build your own path.


FPS (First Person Shooter)

Game ini mengusung konsep tembak-menembak dengan tampilan sudut pandang tokoh yang dimainkan.
PUBG, Free Fire, Point Blank adalah game FPS yang gamer indonesia sering mainkan.

Tags : Games, Genre