Makanan Khas Toraja Yang Lezatnya Bikin Nagih Dan Bisa Dijadikan Rekomendasi Oleh-oleh

Tana Toraja tidak hanya dikenal dengan berbagai budayanya yang sangat mempesona, selain dikenal dengan budayanya, daerah yang satu ini juga sangat dikenal memiliki kuliner yang lezat.
.
Nah, berikut ini adalah beberapa rekomendasi berbagai makanan khas Tana Toraja yang bisa menjadi rekomendasi ketika berkunjung kesana, simak ya:
.
1. Pantollo Pamarrasan
.
Nma Pamarrasan sendiri sebenarnya adalah nama salah satu bumbu, yang didaerah lain bumbu ini biasa disebut dengan bumbu Kluwak Hitam. Biasanya kuliner khas Toraja ini dicampur dengan daging, bsia daging babi, belut, kerbau atau juga ikan. Bumbu lain yang digunakan dalam masakan ini yaitu Lombok Katokkon dan juga Pari. Untuk menemukan makanan yang satu ini tidak sulit, biasanya dapat ditemukan di berbagai restoran atau rumah makan lokal.
.
2. Pantollo Bale/Ikan
.
Bale adalah sebutan dari ikan dalam bahasa Toraja. Makanan ini hampir sama dengan Pantollo Pamarrasan dimana bumbu yang digunakan yaitu kluwak hitam yang mirip seperti rawon namun juga ditambahkan dengan bumbu lainnya.
.
Makanan ini biasanya ada di saat acara adat Toraja dan menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Tana Toraja. Ikan yang biasa digunakan yaitu ikan tongkol dan beberapa jenis ikan lainnya. Sedangkan teknik pemasakannya biasanya digoreng atau dipanggang, bukan dengan cara dikuah.
.
3. Pa’piong Manuk Ayam/ Dangkot
.
Bahan utama dari makanaan khas Toraja ini yaitu ayam atau bisa juga menggunakan daging, seperti daging ikan, babi, kerbau, dan sebagainya.
.
Daging ayam dicampur dengan bumbu tertentu dan menggunakan daun Mayana. Rempah-rempah lain yang digunakan yaitu cabe rawit atau lombok katokkan. Rasa dari kuliner yang satu ini cukup pedas, jadi yang tidak terlalu suka dengan masakan pedas sebaiknya berhati-hati.
.
4. Pokon
.
Mungkin makanan yang satu ini sudah terdengar tidak asing di lidah semua orang. Di daerah lain makanan ini biasanya disebut dengan lontong.
.
Yang membedakan antara pokon dan lontong yaitu ukuran dan teknik membungkusnya, serta bahan yang digunakan. Bahan yang digunakan untuk membuat pokon yaitu beras ketan hitam. Beras ketam yang sudah dicuci dan ditanak setengah matang kemudian dicampur dengan parutan kelapa. Lalu dibungkus degan menggunakan daun bambu dan dikukus.
.
5. Palopo
.
Makanan khas Toraja yang satu ini memang dinilai cukup unik dan tdak salah untuk dicoba. Bahan untuk membuatnya yaitu tepung sagu yang sudah disiram air panas dan dibentuk bulat-bulat.