Manfaat Kesehatan dari Buah Tomat Mentah maupun Matang

Buah Tomat Segar Buah Tomat Segar

Tomat merupakan salah satu buah yang paling digemari oleh masyarakat. Selain untuk memasak, tomat juga digunakan sebagai bumbu dan dimakan mentah.

Buah merah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kulit, biji dan daging buah tomat dapat dimakan karena sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Tomat mengandung likopen, yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Faktanya, setiap sayuran atau buah merah mengandung sedikit likopen, yang memberi mereka warna merah.

Tapi tomat mengandung lebih banyak likopen daripada sayuran lainnya, dengan rata-rata tomat mengandung sekitar 2-3 gram. Menariknya, jus tomat mengandung lebih banyak likopen daripada tomat mentah.

Nah, penasaran kan apa saja manfaat tomat untuk kesehatan? Komentar di sini:

1. Tomat melindungi kulit Anda

Menurut penelitian, tomat dapat melindungi dari sinar UV dan mengurangi risiko terbakar sinar matahari.

Para peneliti percaya bahwa ini karena adanya karotenoid, yang merupakan komponen likopen.

Namun, para ilmuwan juga telah menunjukkan bahwa kita tidak dapat mengganti perlindungan matahari dengan makan tomat saja. Selain manfaat kesehatan ini, beberapa bukti menunjukkan bahwa tomat memiliki sifat anti-penuaan.

2. Baik untuk jantung Anda

Lycopene merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh Anda dari oksidasi. Banyak penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi likopen memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, diabetes, dan stroke.

Lycopene juga dapat membantu menurunkan kolesterol "jahat" dan tekanan darah. Akibatnya, peluang Anda terkena serangan jantung juga bisa berkurang.

Selain itu, tomat juga mengandung vitamin dan nutrisi lain seperti vitamin B, E dan flavonoid yang meningkatkan kesehatan jantung.