Tips Dan Trik Menabung Untuk Para Kaum Millenials. Buang Dulu Deh Gengsinya!

Seseorang yang sedang memasukan uang kedalam celengan Seseorang yang sedang memasukan uang kedalam celengan

Sebagian banyak orang berpikir menyisihkan penghasilan tiap bulannya apalagi bagi para Kaum Millenial sepertinya akan sangat sulit, ditengah kehidupan yang trend saat ini. Banyak sekali para Kaum Millenial mencoba memamerkan hasil kekayaan, gaya hidup yang mewah, selalu membeli barang branded, makan ditempat mewah, dan lainnya. Menjadi salah satu alasan utama kenapa tidak bisa menyisihkan sebagian uang mereka untuk masa tua nanti. Faktanya Untuk para Kaum Millenial lebih mengutamakan gengsinya dengan berpikiran “Uang Bisa Dicari lagi Nanti” dan faktor lingkungan pertemanan juga bisa mempengaruhi para Kaum Millenial ini untuk tidak bisa menabung dari dini.

Berikut adalah Tips dan Trik buat kalian Kaum Millenial untuk menabung dari dini :

1. Pisahkan uangmu sesuai dengan kebutuhan dan batasi pengeluaranmu

Memisahkan uangmu dari total gajimu untuk pengeluaran adalah hal yang paling penting. Ini bisa mencegah pengeluaramu membengkak selama sebulan penuh, Dan ini juga berfungsi sebagai kontrol kamu ketika mengeluarkan uang. Misal gaji kantormu 4 juta, bisa kamu pisahkan membeli biaya kebutuhan sehari-hari, bayar tempat tinggal, dan sisanya untuk menabung.

2. Kalian masih bisa untuk berbelanja dan nongkrong tetapi catat di monthly list

Tidak ada yang tidak mungkin jika kamu ingin melakukan semuanya setiap bulan. Yang kalian harus terapkan mulai sekarang adalah kalian harus punya catatan disetiap bulannya agar semua tujuan kamu bisa tercapai. Semua kegiatan yang kalian kerjakan harus balance atau seimbang untuk self growth-mu juga. Monthly to do list juga berguna untuk membatasi kegiatan yang tidak perlu kamu lakukan agar keseharianmu lebih teratur.

3. Bagi Kaum Millenial yang suka berbelanja tingkat tinggi. Gunakan pola Satu benda, satu kali, setiap bulan

Bagi kalian yang susah melepas kebiasan belanja, kalian masih tetap bisa belanja dengan gunakan pola ini. Jika biasanya apapun bisa kalian beli selama uangmu belum habis, sekarang saatnya membatasi barang yang ingin kamu beli. Kalian masih bisa hangout, membeli pakaian, tas, jam tangan, makeup, skin care dll.

Hanya saja setiap bulan kalian boleh membelinya satu barang saja. Misal, bulan ini kamu membeli pakaian satu, skin care satu dan nongkrong hanya satu atau dua kali. Dengan itu, kalian masih tetap merasakan semua yang biasa kalian lakukan dengan catatan hemat.

4. Kalian masih bisa hemat walaupun menggunakan barang branded

Sebagian para kaum milenial menggunakan barang branded itu karena gengsi bukan karena kualitas. Bagi kalian yang ingin tetap pakai barang dengan brand tertentu, bisa kalian datang berbelanja ke store pada saat cuci gudang, promo dan diskon. Biasanya harga yang diberikan sangat jauh berbeda, atau kalian bisa cari factory outlet yang jual barang branded yang original tetapi semacam stock lama yang tidak sempat laku terjual. Jadi Kalian masih bisa tetap eksis menggunakan barang branded. Menarik bukan?

5. Orang tua berhak berbahagia menerima sebagian penghasilan kalian

Bagaimanapun juga kalian berhak dalam membahagiakan orang tua kalian. Walaupun kalian hanya bisa memberi sedikit, tetapi tidak ada salahnya menyenangkan hati orang tua dengan memberi uang hasil kerja keras kita sendiri. Toh juga selama kita hidup di dunia kalo bukan orang tua siapa lagi yang membiayai juga sebagai bentuk terima kasih. Coba belikan orang tuamu sesuatu saat pulang ke rumah dengan kejutan kecil. Apapun yang kamu beri, mereka akan bersenang hati

6. Rajinlah bersedekah untuk tabungan masa tuamu nanti

Hal yang sering dilupakan saat ini adalah sedekah. Kadang untuk melakukan sedekah saja rasanya berat karena hilang begitu saja. Padahal sedekah adalah menabung untuk di masa yang akan datang nanti, namun hasilnya belum terasa sekarang ini. Sisihkan 2,5% persen gajimu untuk kebahagianmu nanti. Rajinlah menabung untuk akhirat karena uang yang kita keluarkan akan diganti berkali lipat. Uangmu yang pergi untuk sedekah kembali lagi untukmu sendiri.

Itulah Tips dan Trik menabung bagi Kaum Millenial, tetapi tidak hanya kau millenial saja sih. Ulasan semua tadi bisa dicoba untuk semua orang kalangan manapun. Memang tidak ada salahnya kalian menikmati dari hasil kerja keras kalian selama ini, tetapi bijaklah dalam menggunakan uang dalam membeli sesuatu. Pribahasa lama mengatakan “Berakit-rakit Ke Hulu, Berenang-renang Ke Tepian, Bersakit-sakit Dahulu, Bersenang-senang Kemudian,“ barang siapa saja yang mau bersusah payah menabung dari usia dini pasti akan mendapatkan hasil yang memuaskan di masa tua nanti karena usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil. Selamat mencoba!